Thursday, October 16, 2014

SOAL PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NEGARA

TUGAS MANDIRI
PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NEGARA
(ADPU4130)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 35.  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.   Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu disebut ....
A.   perkumpulan
B.   serikat kerja
C.   administrasi
D.   tatausaha
2.   Kegiatan yang disebut administrasi harus melibatkan minimal ....  
A.   1 orang
B.   2 orang
C.   3 orang
D.   4 orang
     
3.   Administrasi dalam arti sempit berarti sama dengan ....
A.   tata usaha
B.   tata buku
C.   tata boga
D.   tata ruang
4.   Menurut Max Weber negara yang paling tua yang memiliki administrasi birokrasi adalah ....
A.   Mesir
B.   Cina
C.   Rusia
D.   Yunani
5.   Kegiatan administrasi negara di Cina dipengaruhi oleh ajaran ....
A.   Kristen
B.   Kong Hu Tju
C.   Budha
D.   Confusius
6.   Pada abad pertengahan, perkembangan manajemen dan administrasi dipengaruhi oleh unsur-unsur ....
A.   kelompok panglima
B.   gereja
C.   kelompok penasihat raja
D.   masyarakat yang melakukan kegiatan perdagangan
7.   Perkembangan administrasi yang kacau di Amerika Serikat, disebabkan kesemrawutan administrasi di negara induknya sebagai penjajah yaitu ....
A.   Spanyol
B.   Perancis
C.   Inggris
D.   Itali
8.   Studi administrasi yang menekankan aspek tradisional dipengaruhi antara lain oleh ilmu ....
A.   sejarah
B.   politik
C.   sosial
D.   bisnis
9.   Pandangan rasional mengenai administrasi menekankan pentingnya ....
A.   kemudahan penerapan prinsip administrasi
B.   pengaruh pimpinan
C.   koordinasi antarunit
D.   penggunaan metode ilmiah dalam penerapannya
10.   Salah satu pelopor administrasi negara adalah ....
A.   Max Weber
B.   FW Taylor
C.   Woodrow Wilson
D.   Aristoteles
11.   Pada tahun 1900 FW Taylor memelopori timbulnya ....
A.   studi perbanidngan ilmu administrasi negara
B.   studi ilmu administrasi negara
C.   anti dikotomi administrasi ilmu pemerintahan
D.   gerakan manajemen ilmiah
12.   Manfaat dari pendekatan behavioralisme adalah bahwa pendekatan ini telah menyajikan pemahaman yang lebih baik dengan mengubah penekanan pada individu dan proses administrasi menjadi penekanan pada ....
A.   aspek kepemimpinan
B.   struktur organisasi
C.   organisasi sebagai sistem sosial
D.   dampak administrasi bagi organisasi
13.   Pendekatan pembuatan keputusan dalam kenyataannya banyak meminjam pandangan ....
A.   modern
B.   efisiensi
C.   rasional
D.   tradisional dan perilaku
14.   Pendekatan ekologis dalam administrasi negara meminjam istilah ....
A.   sejarah
B.   kimia
C.   fisika
D.   biologi
15.   Kehadiran administrasi negara sama dengan eksistensi negara berarti ....
A.   selama negara ada maka administrasi negara pun tetap ada
B.   administrasi negara merupakan alat negara
C.   negara dibutuhkan oleh administrasi negara
D.   kebutuhan negara dipenuhi oleh administrasi negara
16.   Satu-satunya organisasi yang memiliki monopoli kekuasaan memaksa adalah ....
A.   politik
B.   administrasi negara
C.   ekonomi
D.   partai politik
17.   Lembaga yang diciptakan melalui hukum, dibiayai negara dan stafnya merupakan pejabat karir adalah ....
A.   organisasi swasta
B.   yayasan
C.   organisasi publik
D.   koperasi
18.   Kegiatan awal dari suatu proses kebijakan publik adalah ....
A.   formulasi kebijakan
B.   implementasi kebijakan
C.   evaluasi kebijakan
D.   terminasi kebijakan
19.   Dalam paradigma administrasi negara dikenal adanya istilah ‘locus’ yang berarti ....
A.   apa yang dipelajari dalam administrasi negara
B.   bagaimana situasi administrasi negara
C.   letak atau tempat dimana administrasi negara berlangsung
D.   siapa yang berperan dalam administrasi negara
20.   Dalam paradigma administrasi negara, tahun 1900 sampai 1927 merupakan periode ....
A.   prinsip-prinsip administrasi
B.   administrasi negara sebagai ilmu politik
C.   administrasi negara sebagai ilmu administrasi
D.   politik administrasi
21.   Menurut James W. Fesleer, yang mengganggu telaah administrasi negara adalah ....
A.   pengaruh dari bidang ilmu lain
B.   bidang yang terlalu luas
C.   pengalaman yang kurang
D.   sikap mendua
22.   Pandangan yang mengganggap administrasi negara adalah anak dari ilmu politik beraerti administrasi merupakan ....
A.   bidang yang tidak dipisahkan dari ilmu politik
B.   bidang penting bagi politik
C.   saudara dari ilmu politik
D.   pelaksana bagi politik
23.   Pendekatan yang memandang administrasi sebagai suatu proses kerja yang dipergunakan untuk mencapai tujuan usaha adalah pendekatan ....
A.   proses administrasi
B.   empiris
C.   matematik
D.   teori keputusan
24.   Pendekatan yang memandang manusia sebagai penggerak utama aktivis yang diorganisasikan merupakan pendekatan ....
A.   rasional
B.   empiris
C.   motivasi
D.   perilaku manusia
25.   Pengertian organisasi sebagai suatu struktur hubungan manusia yang di dalamnya terdapat tujuan-tujuan tertentu dan memiliki unit-unit yang diatur secara sistematis untuk memajukan dan mengajar tujuan atau kepentingan bersama yang secara spesifik tidak dinyatakan dalam institusi-institusi,, merupakan pandangan seorang....
A.   sejarahwan
B.   politikus
C.   ekonom
D.   sosiolog
26.   Istilah seperti birokratik, hierarki, formal, merupakan istilah yang biasanya melekat pada model organisasi ....
A.   terbuka
B.   tertutup
C.   sintesis
D.   tradisional
27.   Motivasi seseorang tergantung kepada ....
A.   motifnya
B.   lingkungannya
C.   kondisinya
D.   fisiknya
28.   Pendekatan yang menganggap birokrasi sebagai suatu susunan yang terdiri dari hierarki otorita dan pembagian kerja yang amat diperinci, merupakan pendekatan ....
A.   fungsional
B.   struktural
C.   behavioral
D.   pencapaian tujuan
29.   Otorita yang meletakkan dasar-dasar legitimasi pada pola pengawasan sebagai-mana diperlakukan di masa lampau dan yang kini masih beralaku adalah ....
A.   karismatik
B.   tradisional
C.   legal-rasional
D.   modern
30.   Suatu studi yang menyangkut cara-cara pemberian fasilitas kepada para pekerja di dalam suatu organisasi termasuk studi administrasi ....
A.   negara
B.   kepegawaian
C.   perkantoran
D.   lingkungan
31.   Sekelompok orang atau unit organisasi yang bertugas memberikan nasihat kepada pimpinan disebut kelompok ....
A.   staf
B.   lini
C.   formal
D.   informal
32.   Terdapat saling lempar tanggung jawab, karena masing-masing merasa bahwa sesuatu wewenang atau bidang kerja tidak termasuk dalam lingkungannya, merupakan gejala dari ....
A.   pengaruh pimpinan yang lemah
B.   pengawasan lemah
C.   kurang pengendalian
D.   kurang koordinasi
33.   Kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan penyusunan garis-garis besar yang memuat apa yang harus dikerjakan dan metode-metode untuk melaksanakan dalam rangka mencapai tujuan organisasi merupakan aspek ....
A.   pengendalian
B.   perencanaan
C.   koordinasi
D.   integrasi
34.   Fungsi yang berkaitan dengan pemberian informasi kepada manajer sehingga yang bersangkutan dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan kerja merupakan fungsi ....
A.   impelentasi
B.   perencanaan
C.   koordinasi
D.   pelaporan
35.   Menurut Weber, perkembangan birokrasi dipandang seabgai satu Manifestasi sosiologi dari proses ....
A.   perencanaan
B.   pengawasan
C.   rasionalisasi
D.   politik
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36  SAMPAI   40,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!
36.   Tanda-tanda dari organisasi yang tidak sehat adalah penyelewengan tujuan, kekakuan yang berlebihan, atau pita merah,
sebab                      
penyelewengan tujuan merupakan kecenderungan birokrasi untuk setia dan patuh kepada peraturan yang dipandang sebagai tujuan dirinya sendiri.
37.   Pita merah merupakan kecenderungan untuk merutinkan kegiatan kerja di kantor,
sebab                      
pita merah merupakan suatu istilah yang dimaksudkan untk menunjukkan adanya prosedur birokratik yang memiliki ketaatan mekanis pada peraturan, serta formalitas yang berlebihan.
38.   Pemisahan antara administrasi negara dengan ilmu politik adalah jelas batas-batasnya,
sebab                      
partisipasi dalam formulasi kebijakan publik bukan merupakan keterlibatan dalam dunia politik.
39.   Pendekatan sistem sosial memandang administrasi sebagai suatu sistem sosial,
sebab                      
pendekatan ini berusaha mengidentifikasikan berbagai kelompok sosial, menemukan hubungan kultural, dan untk mengintegrasikan ke dalam suatu sistem sosial.
40.   Sekelompok orang atau unit organisasi yang terutama berkenaan dengan pelaksanaan kebijakan disebut kelompok lini,
sebab                      
perbedaan kelompk lini dan staf terletak pada penekanan fungsi yang harus dijalankan.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR  41   SAMPAI   45,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!  
41.   Kelemahan birokrasi menyangkut ....
1)   standard efisiensi fungsional
2)   penyelewengan tujuan
3)   pita merah
42.   Paradigma yang diajukan oleh Nicholas Henry adalah ....
1)   dikotomi politik - ekonomi
2)   prinsip-prinsip administrasi
3)   administrasi negara sebagai administrasi negara
43.   Caiden mengemukakan kekhususan administrasi negara yaitu ....
1)   kehadiran administrasi negara tidak bisa dihindari
2)   administrasi negara menghendaki kepatuhan
3)   administrasi negara mempunyai prioritas
44.   Tahapan dalam proses kebijakan publik adalah ....
1)   formulasi
2)   implementasi
3)   koordinasi
45.   Peranan administrasi negara adalah ....
1)   dalam perubahan sosial
2)   dalam perubahan politik
3)         kunci masyarakat modern

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Powered By Blogger

Translate

Pages

Blogger templates

About